Cara Mudah Mengatur / Memodifikasi CSS

5/13/2016

Pada kesempatan kali ini summontrick bakalan membagi trick blogger baru buat kalian. setelah sebelumnya summontrick share mengenai Perbedaan Flat Design dengan Material Design kali ini SummonTrick bakalan membahas soal Cara Mudah Mengatur atau Memodifikasi CSS dengan menggunakan WEB DEVELOPER tentunya trick yang mimin kasih kali ini sangat ampuh untuk kalian gunakan. Web Deeveloper ini merupakan Ekstensi untuk browser yang siap untuk di pasang di browser tinggak download saja ekstensinya Web Developer yang di buat oleh Chrispederick seperti yang saya gunakan ini di browser google chrome mimin sudah dipasangi web developer extension.
The extension is available for Chrome, Firefox and Opera, and will run on any platform that these browsers support including Windows, OS X and Linux.

baiklah lanjut ke tata cara menggunakannya, oke setelah anda mendapatkan Web Developer di browser anda dengan di tandai dengan adannya roda gigi seperti gambar di bawah ini. jika tidak muncul, maka ekstensinya belum aktif dan segera aktifkan dengan cara pergi ke Hamburger menu > Setelan > Ekstensi > *Centang/Aktifkan. atau Settings > Other Tools > Extension > *Centang/Aktifkan.


langsung saja klik roda gigi tersebut sehingga muncul banyak pilihan seperti gambar di bawah. tentunya kita ingin mengedit CSS lalu pilihkan Edit CSS. maka akan merender laman yang sedang terbuka.



Lanjut, muncul Edit CSS di bawah disinilah wadah yang memudahkan kita mengedit CSS -nya dikarenakan fitur dari ektensi itu sendiri, seperti pada saat mengedit langsung otomatis merubah tampilannya. tanpa harus mereload ulang berkali kali template yang kita ingin edit.
Gunakan ( Ctrl + F atau F3 ) mesin pencari agar lebih mudah mencari CSS yang ingin diedit.

Pilih menu Embed Styles dan edit sesuka hati


Penting!

Dalam menggunakan Web Developer ini template tidak secara langsung dapat mengubah template yang ada CSS -nya yang kita ingin edit langsung berubah tentunya kita harus menyiapkan perantara seperti Notepad atau Notepad++ sebagai bahan untuk Paste teks dari web developer ini.

TIPS

Simpanlah file Notepad CSS Anda sebagai Text Only (atau terkadang dinamakan dengan Text Document atau ASCII) dan berikan ekstensi .css pada file notepad tersebut.
Pastikan Anda menyimpan dokumen CSS yang telah Anda simpan pada folder yang sama, dimana Anda menyimpan dokumen html untuk membuat laman web Anda.
Setelah selesai membuat dokumen CSS, Anda mungkin harus menyambungkan dokumen tersebut dengan laman web Anda.
Kode yang dituliskan diatas hanyalah sebuah contoh untuk menjelaskan kepada Anda bagaimana cara membuat sebuah file CSS dasar dengan menggunakan aplikasi Notepad, untuk mengontrol elemen html. Anda bisa mengubah isi kode CSS sesuai keinginan Anda, agar Anda bisa memformat style dan tampilan laman web Anda.Disarankan menggunakan Notepad++



Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

15 comments

Terimakasih infonya gan

Balas

Bermanfaat gan, tapi kalo bisa berikan tutorial membuat css dari nol (y)

Balas

Wah sengat bermanfaat gan bagi saya yang masih newbie dalam hal ini.

Balas

Boleh di coba nih. Thanks bro semoga berkah

Balas

Mantap.. Ane suka ngotak atik web nih. Trnyata ada ektensi.nya juga toh.. Mantap dah bisa lebih mudah untuk edit css.nya

Balas

oke gan akan lebih optimal lagi toturialnya

Balas

kalau ane sihh mengatur dan memodifikasi css yaa menggunakan inspect element huheue

Balas

Dicoba praktek dulu. Mudah mudah saya bisa

Balas

tutornya sangat membantu gan maksih..

Balas

semoga berkah.
membantu bagi yang lagi mencari referensi ini

Balas

Thanks ya udah ngasih tau cara mudah mengedit css

Balas

Wajib coba nih siapa tau jadi ahli CSS nih thanks yah Informasinya

Balas

hmm, baru mudeng sama fungsi ini, thanks ilmunya...

Balas

Pengunjung Yang baik adalah pengunjung yang selalu sempat memberikan komentar.
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, Dilarang menggunakan Link Aktif, Link Mati, Promo, dll.
Dan Berbagilah Jawaban atas apa kesulitan yang sobat-sobat lainnya dapatkan.
Mohon maaf jika ADA komentar atau pertanyaan tidak bisa cepat saya respon,
DIkarenakan Saya tidak selalu online selama 24 Jam.