Kecepatan FPS Yang Layak Pada Game

5/19/2016

Oke pada kesempatan kali ini SummonTrick akan memberikan sedikit Tips saat bermain game, berapa fps yang paling layak digunakan. sebelum melangkah lebih jauh, mari kita liat terlebih dahulu Apa sih FPS itu? FramePer Second berikut disingkat dengan FPS. Jumlah bingkai gambar yang ditunjukkan dalam satu detik untuk gambar bergerak. Untuk mengukur performa keseluruhan dari sebuah kartu grafis dapat menggunakan frame rates sebagai acuannya. Frame rate adalah Jumlah bingkai gambar atau frame yang ditunjukkan setiap detik dalam membuat gambar bergerak, diwujudkan dalam satuan fps (frames per second), makin tinggi angka fps-nya, semakin mulus gambar bergeraknya. Game dan film biasanya tinggi fps-nya. Frame rate menggambarkan berapa banyak gambar yang diselesaikan oleh kartu grafis dan ditampilkan dalam frame pada setiap detiknya. Ketika serangkaian gambar mati yang bersambung dilihat oleh mata manusia, maka suatu keajaiban terjadi. Jika gambar-gambar tersebut dimainkan dengan cepat maka akan terlihat sebuah pergerakan yang halus, inilah prinsip dasar film, video dan animasi. Jumlah gambar yang terlihat setiap detik disebut dengan frame rate. Diperlukan frame rate minimal sebesar 10 fps (frame rate per second) untuk menghasilkan gambar pergerakan yang halus.

kutipan : obengplus.com

Mengapa produsen game menurunkan kecepatan standar 60fps menjadi 30 fps. Nicolas dari designer Assassin mengatakan, 30 frame menjamin kemampuan hardware seperti tampak Cinematic Gloss. Ubisoft sudah lama mempertahankan kecepatan game dengan kecepatan 60fps. Tapi masalahnya dengan meningkatkan frame rate di game ke display, ada bagian yang hilang dan membuat game tampil kurang nyata. Antara 30 fps dan 60 fps, hardware harus bekerja lebih berat. Khususnya untuk rendering gambar 3D.

Alex Amancio berpendapat, kecepatan 60 fps sangat baik untuk game First Person Shooter. Menurunkan menjadi 30 fps maka detail gambar akan terlihat lebih baik lagi, sehingga pengembang game mendorong batas kualitas grafik secara maksimal. Dari sisi gamer yang memainkan akan mendapatkan kualitas gambar 3D.

Mungkin kita mulai bertanya, apa gunanya mengunakan VGA kelas mahal, sementara game lebih banyak di kunci ke 30 fps. Kembali melihat kemampuan game, dengan kecepatan FPS 30 frame saja, maka kualitas grafik dapat ditingkatkan. Artinya permainan tetap dapat di nikmati dengan kualitas gambar lebih baik dengan kemampuan hardware lebih baik. Jadi siapa yang peduli dengan kecepatan 60 fps bila detail gambar turun, sementara 30 fps menawarkan kualitas grafik di kelas high atau maksimum.

Dari sisi pengembang game, dengan mengunci kecepatan frame 30 fps. VGA kelas high end dapat mengolah grafik dengan render gambar lebih detail. Bagi pengembang dapat memasukan lebih banyak efek di setiap frame, dan dampaknya secara visual game mereka tampil lebih baik bagi gamer.
Bila game Assassin Creed Unity di rilis 11 November nanti, kecepatan frame bukan hal utama tapi kualitas grafik di game ini yang ditekankan oleh pembuat game.

Pengembang game Bethesda Softwork diperkirakan akan mengunci game merka The Evil Within dengan 30 fps, serta menampilkan lebar layar game dengan rasio 2.35:1 seperti tampilan di console game. Bethesda tetap memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin menikmati kecepatan di atas 30 fps, dengan membuka debug command. Bethesda mengatakan game The Evil belum mendukung resolusi 4K, fitur lain mendukung opsi SMAA dan SSAO. Rekomendasi memainkan game ini dengan VGA 4GB VRAM dan 50GB space harddisk.

Update
Kabar terbaru dari industri game, pihak Sony dan Microsoft menekan pembuat game agar membatasi frame rate game di PC disamakan dengan console PS4 dan Xbox. Mungkin teknologi console game sudah tertinggal dengan PC.
Tetapi tidak masalah bagi gamer. Beberapa game akan memberikan setting command yang mungkin bisa mencabut batas kecepatan frame rate di PC.
OKe itulah tadi tandingan dari beberapa referensi yang coba mimin kasih kalo menurut mimin sendiri yang cocok atau layak digunakan saat bermain game yakni 24FPS+Motion Blur. bisa dilihat seperti di bawah ini.


Gimana menurut sobat SummonTrick berapa fps yang digunakan saat bermain game yang biasanya kalian pakai. jika tidak tahu berapa fps. anda bisa menggunakan media portal seperti STEAM, RAZER Cortex atau software FPS Counter lainnya. bisa diunduh atau sekalian cari di google.

Tips Mengoptimalkan Kinerja :

1. Uji FPS yang paling nyaman
lakukan pengujian dengan mengatur pada quality video pada game yang anda mainkan maka akan lebih baiklagi jika langung menggunakan rata kiri alias (Low Quality) lalu mengetes Medium-nya. apakah ada perbedaan yang signivikan dari perbuahan tersebut jika lebih berat di yang Medium maka jangan dipaksakan.

2. Aktifkan VSync
Apa itu VSync, adalah Vertical Synchronization. Yakni nge-LOCK fps ke angka Refresh Rate monitor anda. Misal monitor anda set di refresh rate 60Hz, maka fps akan locked di max 60fps saja. Min dan average fps bisa bervariasi. Side effect positive dari VSync adalah hilangnya TEARING, yakni garis horizontal yang kerap muncul di beberapa game. Lalu side positive lain adalah kenyamanan mata, tentu ini untuk game-game yang berjalan ratusan fps di PC anda. Daripada anda nanti mabok 3D karena gambar tampil lebih cepat daripada control, sebaiknya anda nyalakan VSync.
Namun ada sisi lain yang perlu diperhatikan akan penggunaan VSync ini. Ada beberapa game yang ternyata mengalami mouse-lag apabila mengaktifkan VSync (missal Dead Space PC). Dan janganlah sekali-kali menyalakan VSync apabila VGA anda kedodoran di sebuah game, misal under 30fps, di sini akan sangat konyol apabila anda menyalakan VSync.

3. Jangan menggunakan kipas angin pada Laptop (If Not PC)
Nyatanya dengan menggunakan kipas angin kinerja vga ngerender jadi lebih patah-patah. dan mengganggu kinerja anda pada saat bermain. BOLEH saja menggunakan fan/kipas angin tapi jangan memanjakan Laptop anda dengan terlalu sering menggunakan kipas angin. maka di suatu kondisi bila mana anda tidak menggunakan kipas disitulah Laptop akan cepat OverHeat dikarenakan terbiasa menggunakan kipas angin. Jadi gunakanlah Laptop sesuai dengan umurnya, dan suatu saat dapat menggunakan kipas angin jika kinerja pendingin utama laptop tidak berfungsi lagi. baru tahu?


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

13 comments

dari dulu gw nyangkanya semakin fps turun malah semakin bagus, eh ternyata :3

Balas

saya sendiri sering sekali bermasalah dengan fps yang awal nya normal tiba tiba down dan ngelag agan mungkin bisa bikinin artikel seperti itu kali aja banyak yang seperti saya

Balas

wah baru tau gua fps itu apa

Balas

wah infonya bermamfaat buat para gaming

Balas

Maen FPS di core 2 ajah lemot gw ram 2gb doang -_-

Balas

recomended bwt para gaming,makasih kakak

Balas

Thanks gan Sangat Bermanfaat :D rata2 fps laptop saya 50 kalau main game

Balas

Masih ngeblog aja bang,,, Salut w ama lu :)

Balas

haduh, laptop tahun bahela bisa gak ya buat naikin fps gini

Balas

enak kali ya FPS stabil di 60 :v

Balas

saya main game di warnet dapet fps 119 , tapi main dirumah cuman 40an -_-

Balas

Pengunjung Yang baik adalah pengunjung yang selalu sempat memberikan komentar.
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, Dilarang menggunakan Link Aktif, Link Mati, Promo, dll.
Dan Berbagilah Jawaban atas apa kesulitan yang sobat-sobat lainnya dapatkan.
Mohon maaf jika ADA komentar atau pertanyaan tidak bisa cepat saya respon,
DIkarenakan Saya tidak selalu online selama 24 Jam.